Jumat, 01 April 2011

April Mop

Pernah dengar istilah April Mop atau yang dalam bahasa Inggris disebut April Fools'?

Okay, setahuku April Mop yang jatuh pada 1 April itu adalah sebuah momen dimana pada tanggal tersebut orang-orang merasa boleh atau bisa bertindak iseng atau melakukan kekonyolon atau membuat lelucon atau apalah yang tidak sebenar-benarnya dengan tujuan untuk mengerjai orang lain.

Sebenarnya untuk berbuat yang demikian itu tidaklah harus dilakukan pada tanggal 1 April karena bisa  dilakukan kapan saja. Namun, kalau mengerjai orang pada tanggal tersebut dan orang yang dikerjai tidak sadar sedang dikerjai, orang yang mengerjai rasanya akan lebih puas. Jadi, ia bisa berseru dengan lantang; I got you April Fools' lalu tertawa senang karena sukses membodohi orang.

Bicara soal April Mop, sebuah artikel yang aku baca dari Majalah Paras No. 90/Tahun VIII/April 2011 menulis seperti ini (aku ambil sebagian):

April Mop (April Fools') sudah dikenal sejak tahun 1582 di Prancis, pada masa Raja Charles IX. Ketika itu Paus Gregory XIII mengubah penanggalan kalender yang semula 1 tahun hanya terdiri dari 10 bulan menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Dengan demikian Tahun Baru yang semula dirayakan mulai tanggal 25 Maret yang berlangsung selama 1 minggu hingga puncaknya pada 1 April terpaksa dimajukan ke tanggal 1 Januari.



Tapi sejumlah masyarakat menolak perubahan kalender itu dan ngotot tetap merayakan Tahun Barunya pada 1 April. Perilaku mereka menjadi bahan tertawaan. Maka muncullah undangan palsu yang beralamat palsu pula untuk perayaan Tahun Baru 1 April itu.

Beberapa contoh April Mop, masih dari Majalah Paras No. 90/Tahun VIII/April 2011:

- Pada tahun 1957, TV BBC menayangkan berita bahwa di Swiss, orang sudah bisa panen memetik spaghetti langsung dari pohon. Akibatnya orang beramai-ramai menghubungi BBC guna mengetahui tata cara menanam pohon spaghetti.

- Siaran TV seven Network di Australia memberitakan bahwa penonton sudah dapat mencium harumnya bunga di layar televisi, karena didukung teknik canggih yang disebut smell-o-vision. Akibatnya, jutaan penonton menempelkan hidungnya ke layar kaca, tapi tak jua berhasil mencium aroma wangi dari gambar bunga yang ditayangkan.

- Koran Bergens Titende Norwegia mengabarkan kantor bea cukai telah menyita jutaan liter minuman keras (miras) selundupan. Amat mubazir jika miras itu dibuang, dari itu bea cukai memutuskan selundupan akan dibagikan pada masyarakat. Akibat berita konyol ini, pihak bea cukai pusing tujuh keliling karena ribuan orang natre sambil membawa botol kosong.

Kantor Telkom Jerman kewalahan akibat kabar bahwa virus bom peledak telah merasuki pesawat telepon. Cara satu-satunya mencegah ledakan bom itu adalah dengan memasukkan pesawat telepon ke dalam ember penuh air. Akibatnya pihak Telkom Jerman kelimpungan memperbaiki ribuan telepon yang rusak.

Uhm... What do you think?
Were it fool enough?
Only they who knew it.


Nah, aku juga punya cerita tentang April Mop yang lain dengan aku sebagai tersangka pembuat April Mop. Hahaha.

Ceritanya begini.

Beberapa tahun yang lalu, yes, it was long time ago, tanggal 1 April, tentunya, kira-kira jam enam pagi, memang sudah niat atau mendadak, aku meminta Titik, teman kosku untuk menelepon cowok yang lagi pedekate sama aku, sebut saja Emon. Aku minta tolong Titik untuk bilang pada Emon bahwa aku sakit dan sepertinya perlu dibawa ke rumah sakit. Tak sampai 15 menit, Emon muncul di depan pintu rumah kosku dan Titik yang membukakan pintu. Kemudian aku menemuinya di ruang tamu dengan wajah terlihat lesu dan pucat seperti orang yang benar-benar sedang sakit (padahal aku belum setengah jam bangun tidur, hahaha). Aku lupa bagaimana detil percakapan kami. Akhirnya kami naik motor ke rumah sakit Sardjito yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah kost-ku. Sepanjang jalan kami nyaris tidak saling bicara, mungkin ia maklum dengan kondisiku yang sedang payah (padahal dalam hati aku tertawa geli melihat raut mukanya yang bingung dan khawatir). Sampai di sekitar rumah sakit, tinggal beberapa meter dari pintu gerbang rumah sakit) akhirnya aku memintanya untuk menghentikan motornya. Lalu aku turun dari motor.

Aku tidak ingat bagaimana percakapan kami di depan rumah sakit Sardjito, tapi kira-kira mungkin seperti ini.

Dia: "Kenapa?"
Aku: "Sebentar ya?"
Dia: "Pusing?" (memandangku)
Aku: "Mau muntah" (memalingkan muka)
Dia: (diam)
---hening---
Aku: (aku memandangnya dan tersenyum)
Dia: (bingung)
Aku: "Aku bohong" (makin tersenyum)
Dia: (makin bingung)
Aku: "Aku nggak sakit" (makin tersenyum lebar)
Dia: (mungkin di kepalanya) #!@$%^&%*!!!
Aku: "Maaf" (masih dengan tersenyum)
Dia: (setelah sadar dibohongi) "Ayo naik"
Aku: (naik motor dan duduk di belakangnya lagi)
Dia melajukan motornya lagi, melewati rumah sakit Sardjito,  dengan kencang sekencang cubitan tangan kirinya di betis kiriku. Ouch!!

Akhirnya kami memutuskan untuk berkeliling saja. Mungkin dia masih kesal dengan kebohonganku, tapi tidak bisa berbuat banyak. Hahahaha.

Ternyata bukan Emon saja yang jadi korban April Mop-ku, tapi  Oning (adikku), Eva (teman adikku), entah bagaimana ceritanya mereka tahu keadaanku juga kena efek isengku. Mereka berdua beruntun meneleponku menanyakan keadaanku. Mbak sakit apa? Katanya di rumah sakit?

Aku, akhirnya, karena tidak tega, menjelaskan semuanya dengan sebenar-benarnya bahwa aku tidak sakit dan tidak masuk rumah sakit, cuma lewat saja. Hahahaha.

How's my April Mop story?
Was it bad?
I was sorry.


Itulah sepenggal cerita April Mop yang pernah aku lakukan. April Fools, I did it once. Hahahaha.

Catatan:  
- April Mop yang aku lakukan itu sebaiknya tidak ditiru karena bisa menyebabkan orang lain merasa khawatir. So, please do not try it everywhere on 1 April or whenever. It's annoying and displeasing. Okay?
- Let's make April Funs rather than April Fools.
- Ada yang kena April Mop? Share it with me!!! Hahahaha.

3 komentar:

  1. Salam kenal kembali ^^
    Terima kasih sudah mengunjungi blog ini ^^

    BalasHapus
  2. :D iseng banget. ak gk pernah rayain april mop, krn biasanya lupa hr it april mop :D

    BalasHapus
  3. :D
    Kalau hari kartini tanggal 21 April, ingat, gak? ^^
    Terima kasih atas komennya, ya ^^

    BalasHapus